Sabtu, 24 Desember 2011

Saya Kira Dia Pun Selalu Dillema

17.50 WIB, Di depan ruang televisi bersama adik tercinta

Pernah lihat tukang asongan atau pedagang kaki lima yang suka nawarin dagangannya ? Pasti pernahlah .. Nggak mungkin nggak .. Secara gitu wirausahawan kaki lima di Indonesia kan melimpah, tumpah ruah dimana-mana. He-he-he  ..

Pernah lihat nggak salah satu dari mereka nawarin dagangan mereka, semisal mainan buat anak-anak ?
Kalo diliat-liat mereka itu pedagang kaki ulung yang cukup sukses loh bikin si anak kecil yang dideketin jadi kepincut dan ujung-ujungnya beli barang dagangannya mereka. Tentunya beli pake uang dari mamahnya atau papahnya.. he-he

Setahu saya para pedagang kaki lima ini punya for-mula-mula yang hamper dipraktekkan sama semua komunitasnya. He-he ..

Mula-mula pertama, mereka bersuara lantang nawarin dagangan mereka .. Mula-mula kedua, mereka deketin target  pasar yang sekiranya bakal ngisi isi dompet mereka yang kembang-kempis. Mula-mula ketiga, mereka tatap mata si anak ampe mata si anak pun saling bertubrukan sama mata mereka.. [asiikkk tuuhh .. ha-ha]. Mula-mula keempat, si tukang dagang kedip-kedipin mata genitnya ke arah si anak [ ooppss .. yang ini kayaknya nggak masuk itungan dalam si “for-mula-mula” deh .. he-he ] .. Nah, dengan ketiga for-mula-mula itu nggak jarang akhirnya bikin mulut kecil si anak mulai merengek minta dibelikan mainan yang tidak lain dagangannya si empunya mainan. [seneng loe mang sekarang ? ha-ha]

Tapi, tahukah Anda .. pada masa-masa inilah si pedagang tak jarang mengalami rasa dilemma yang melanda. Bagaimana tidak ? Di satu pihak si pedagang merasa kepuasan bathin sendiri karena for-mula-mulanya terbilang jitu, namun di pihak lain hati si pedagang merasa was-was mengawasi lirikan tajam dari arah …. Hmm … ibu si anak. Ha-ha..

Kejadian ini baru saya alami tadi siang, waktu nganterin ade saya beli tas sekolah bareng si mamah. Sebelum berangkat, mereka berdua telah membuat kesepakatan bahwa tidak akan ada anggaran yang dikeluarkan untuk membeli mobil-mobilan, cukup beli tas sekolah saja. Adik saya yang baru menginjak 5 tahun itu cuma manggut-manggut heeuh aja [kayak yang ngerti gitu deh .. ha-ha-ha]

Nah, loh .. terus gimana donk nasib si tukang dagang asongan ntu ? Saya akuin, trik dia narik pembeli emang jago deh .. Akhirnya transaksi jual-beli tersebut pun berhasil. Tapi tahukah kalian apa yang selanjutnya terjadi ?

Si tukang dagang cuma bisa nunduk akibat tatapan tajam mata mamah saya. Kesel kali yah si mamah soalnya ntu pedagang pelit banget nurunin harga mobil-mobilan jualannya. Akhirnya, mobil-mobilan kepengen si ade pun dibungkus rapi oleh si tukang dagang, tentunya masih dengan posisi kepala nunduk. Sampai pada saat ntu keresek dikasihkan pada ade saya si tukang dagang masih tetep tunduk pada pendiriannya yaitu : menunduk. 

Mungkin dia deg-degan kali ya nunggu tiga lembar uang sepuluh ribuan dari dompet si mamah turun ke tangan dia. Prasangka saya yang lain mengatakan bahwa ia sedang merasakan dilemma berlebih, girang tiada tara karena jualannya laku, atau gara-gara saya yang lumayan cantik lagi ada disitu [kayaknya yang ini nggak masuk itungan, deh ! he-hehe].  
Tapi, saya rasa dia sedang mengalami dilemma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;